You are here: Home News TOA dan DMI menggelar Pelatihan akustik masjid

TOA dan DMI menggelar Pelatihan akustik masjid

E-mail Print PDF

Untuk meningkatkan kualitas akustik (sound system), Dewan Masjid Indonesia (DMI) melakukan pelatihan dan penataan akustik masjid. Program ini penting mengingat separuh lebih jumlah masjid dan mushola di Indonesia memiliki kualitas akustik di bawah standar.

"DMI punya tanggungjawab memperbaiki akustik masjid. Dengan cara itulah, kami berharap pemberdayaan dan kesejahteraan masjid dapat terwujud dengan baik," ujar Sekjen DMI, Imam Addaruquthni, saat membuka pelatihan akustik, Senin (16/6). Menurut Imam, jumlah masjid dan mushala sekitar 850 ribu, namun sebagian besar akustiknya buruk. Kualitas yang buruk itu, lanjut Imam, pada akhirnya mengganggu kekhusyukan beribadah.

"Kita lihat, khatib berceramah, tapi jamaah banyak yang tidur. Itu antara lain disebabkan kualitas sound system yang mendengung, tidak paham apa yang disampaikan penceramah, akhirnya pesan dakwah pun tak sampai," papar tokoh Muhammadiyah itu. Ketua Departemen Kominfo dan Kerjasama Antar Lembaga, Rudiantara, menegaskan, pelatihan akustik ini merupakan yang kelima diadakan oleh DMI. Kali ini, diikuti 27 peserta dari Jakarta dan provinsi di Jawa.

"Kami bersyukur, hasil pelatihan tahap pertama hingga keempat (teknisi) sudah bekerja membenahi kualitas akustik masjid dengan baik. Kami berharap semakin banyak kalangan yang terlibat dalam upaya mensejahterakan dan memakmurkan masjid tersebut," kata Rudi Ia menambahkan, DMI di bawah kepemimpinan HM Jusuf Kalla mementingkan aksi, kerja nyata, yang langsung hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat banyak. Karena itulah, program perbaikan akustik ini terus dipantau Jusuf Kalla.

Sejak diluncurkan tahun lalu, tambah Rudi, DMI bekerjasama dengan perusahaan elektronika TOA, telah memperbaiki kualitas akustik masjid kurang lebih 400 masjid di Jakarta dan wilayah Jawa. Sekretaris Kominfo DMI Hery Sucipto menambahkan, DMI juga melengkapi program tersebut dengan mobil pemelihara masjid sebanyak 100 unit yang setiap hari keliling membenahi akustik masjid.

"Pak JK ingin keberadaan masjid tidak hanya untuk beribadah saja, tapi juga dapat memakmurkan masyarakat sekitar dan menjadi tempat solusi serta aktifitas berbagai bidang kemasyarakatan," pungkas Hery.

sumber:republika
 

Support Center

For further information about our products or other services, please contact us at :

  • Tel: (+62-21) 3456650, 3501243
  • Fax: (+62-21) 3457154
  • Email: toa_support[at]galva.co.id
  • Website: www.elsiscom.co.id

Facebook Elsiscom

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday2528
mod_vvisit_counterYesterday1236
mod_vvisit_counterThis week6452
mod_vvisit_counterLast week12570
mod_vvisit_counterThis month45417
mod_vvisit_counterLast month76497
mod_vvisit_counterAll days2944271

We have: 41 guests online
Your IP: 54.162.253.34
 , 
Today: May 22, 2018